Rabu, 29 Oktober 2008

Maling yang Aneh

Hari ini saya dan rekan-rekan nongkrong di warung bakso langganan selepas jam kerja. Sambil menunggu hujan besar reda, saya tidak sadar bahwa sesuatu yang naas sedang terjadi.

Tiba di mess—mess kami tidak di dalam kompleks sekolah—saya dan kawan yang tinggal dengan saya terbengong-bengong. Pintu rumah ngablak terbuka lebar. Terdapat robekan-robekan kasar di pinggirannya menandakan bahwa ada orang yang berusaha mencongkel dari luar.

Ya Allah! Rumah kami dimasukin orang….

Oh Nooo!!!!! Tepat sekali hari ini saya tidak bawa laptop ke sekolah. Terlalu banyak barang yang saya bawa hari ini dan ntu benda hitam manis, berat boo….

Jadi…. Jadi… OH NO!

Saya menyerbu masuk dan…..

Ajaib! Sungguh ajaib, laptop saya nangkring manis seperti tadi pagi saya tinggalkan. Diatas meja di ruang tengah. Disebelahnya, HP saya yang dari dulu udah gak pernah akur sama saya dan sering ketinggalan. Dua-duanya nangkring manis menatap saya. Haahhhh!

SUJUD SYUKUR!!!

Lalu.. lalu….

Setelah kami berdua mengobrak abrik rumah, tercatat yang hilang adalah hape kawan saya itu yang gak sengaja juga ketinggalan, mereknya Hi Tech, dan charger hp nokia saya. Gak maching ya…

Logis gak sih?

Yah.. mungkin malingnya ribet aja kali bawa TVatau barang-barang elektronik lain. Tapi laptop? Dan hape saya? Si Maling uadh cape-cape ngedobrak pintu gitu loh!!

Malem-malem kami pergi ke toko bangunan, yang rada jauh, untuk nyari kunci baru dan pintu, lalu harus membetulkan pintu rumah. Alhamdulillah bapak-bapak tetangga sangat baik hati dengan tanpa pamrih mereka menawarkan bantuan untuk membetulkan pintu rumah dan memasang kunci baru. Sekaligus kami juga mengganti kunci pintu belakang dan menambah gerendel pintu dua biji untuk tiap pintu dan masih merasa..kurang kali ye.. mungkin butuh tiga gitu untuk tiap pintu, gerendelnya heheh. Ngeri juga bo kita dua cewe cantik gini, gimana kalau tau-tau malem-malem ada orang masuk..hiiiiiyyy…Mana rumahnya disebelah kebon lah kalo kita ngejerit-jerit tengah malem gak ada yang denger.

Karena kalut, nelpon ibu di rumah langsung dimarahin panjang sekali. Heheheh, gak apa-apa deh dimarahin.. namanya juga anak..

‘Makanya kamu tuh jangan slebor jadi orang bla..bla..bla…’

Akhirnya malam ini saya dan kawan tidur sekamar berdua. Tatuuuuttttt….

Saya jadi ingat beberapa kali kemalingan yang saya alami..yup saya sering kemalingan sodara-sodara! Selama kuliah, tiga kali.

Yang pertama, hape saya yang jadul nokia jaman dulu. Kejadiannya di STPDN. YUP..STPDN itu sodara-sodara! Kejadiannya di sekre Dompet Duafa.

Waktu kuliah dulu, saya dan kawan-kawan organisasi tergabung dalam subdivisi bernama Program Perduli Mustadlafin. Kerja kita sih gak banyak, cuman nyari-nyari beasiswa kesana kemari lalu menyalurkannya ke anak-anak yang membutuhkan di berbagai SD di kecamatan Jatinangor. Kebetulan kawan-kawan STPDN memiliki organisasi sejenis, namun rada kesulitan karena mereka gak punya banyak waktu untuk melakukan pembinaan bagi anak-anak asuh mereka. Lah orang mereka kerjaannya kalo gak upacara ya baris berbaris heheh. Tapi mereka punya channel yang kuat ke arah kucuran dana. Mereka juga punya niat yang tulus untuk membantu orang lain. Ini salah satu sisi lain dari mahasiswa STPDN yang mungkin jarang kita dengar tapi percayalah, mereka gak sepenuhnya gelap kok.. Mereka anak-anak mahasiswa biasa yang terjebak dalam sistem yang keras. Akhirnya kami melakukan kerjasama, mereka menanggung sebagian besar beban beasiswa sementara kami bertanggungjawab melakukan pembinaan. Jadi saat itu saya dan kawan-kawan sering mondar-mandir ke STPDN untuk macem-macem urusan.

Hari yang naas itu adalah bulan Ramadhan. Kami menyelenggarakan pesantren kilat untuk anak-anak asuh kami. Tempatnya di STPDN yang memiliki tempat memadai serta gratis heheh.. Siang itu saya di masjid mengajarkan shalat Dhuha lalu mengajar baca al Qur’an kepada anak-anak asuh dan saat kembali ke sekre, hape saya sudah raib. Akhirnya saya cuma bisa termangu. Seorang kawan, mahasiswa STPDN nanya,’kamu kenapa bengong?’

Hape saya ilang bang..

‘Apa? Hilang? Disini?’

Iya..baru aja…

Kawan saya langsung pergi. Beberapa menit kemudian datang dan mengatakan saya dipanggil imam masjid. Ehhh!!! Dipanggil imam masjid? Saya berlari-lari mengikuti kawan yang jalannya sangat cepat menuju masjid. Sang imam duduk di tengah masjid, saat saya datang, beliau berdiri.

‘Hape kamu yang ilang?’

Iya ustadz..

‘Gak usah bingung, saya udah hubungi beberapa orang. Pintu pagar sudah ditutup semua. Kita geledah semuanya. Malu-maluin aja, masa di STPDN ada yang kehilangan! Nanti siapapun yang ketahuan bawa hape kamu, kita pukulin rame-rame..’

Ehhhhh… Imam masjid kok ngomongnya gitu ya?

Ya akhirnya hape saya gak ketemu dan gak ada orang yang dipukulin hari itu karena masalah hape saya. Kalau masalah yang lain, mana saya tau..

Yang kedua, ini rada aneh. Maling masuk ke kost-kostan kami.

Malam kejadian saya menginap di kampus karena ada acara ospek anak baru. Pulang pagi saya mendengar kabar ada maling masuk kostan tadi malam. Tapi maling ini rada aneh sebab yang hilang adalah barang-barang yang ada di kamar mandi. Tau kan, ada 12 cewe tinggal bareng, di kamar mandi pasti penuh barang. Berbotol-botol shampoo, sabun cair, lulur mandi, pelembab dan parfum. Gak semuanya hilang sih, sikat gigi dan persediaan pembalut gak ikut hilang. Najong kali ye… Selain itu, sepatu-sepatu dan sandal-sendal yang berserakan di depan kamar juga ikut hilang.

Ini maling apa pemulung ya?

Yang ketiga, ini juga lucu dan agak nyeremin. Masih di kostan dan yang hilang adalah barang paling berharga yang kami miliki, TV.

Kami punya TV cuman satu, tapi hebat sekali. Gambarnya suka berlipet-lipet dan baru bisa normal lagi kalo sudah dipukul-pukul ubun-ubunnya. Hebatnya tu TV, cumin bisa nangkep sinyal SCTV sama TPI doing—waktu itu TPI belum senorak sekarang sih. Stasiun yang lain gambarnya naik turun bikin pusing. Tapi sungguhpun begitu, kami sih kadang gak perduli, tetep aja ditonton itu TV yang udah gak waras, daripada gak ada..

Nah malem-malem yang nonton terakhir musti bawa tu TV ke kamar. Tapi gak selalu. Pikiran kita, siapa sih yang mau nyolong TV yang kayak gini? Ternyata ADA…

Pada suatu dini hari jam 3.30 pagi, seperti biasa kami sudah pada bangun dan ngantri wudhu untuk shalat tahajud. Kami pagi-pagi itu biasanya keluar sebentar, cumin wudhu doing. Dingin banget!!! Kawan saya, Mala, seperti biasa setelah subuh dia menyeka mukanya dengan handuk besar yang dia jemur di depan kamarnya. Dini hari itu berlangsung damai.

Saat adzan subuh, beberapa dari kami keluar kamar lagi untuk wudhu lagi. Termasuk Mala. Dia wudhu.. dan ketika akan menyeka mukanya dengan handuk… loh.. Mala menjerit

‘Ada maliiing!!!’

Kita rame-rame keluar.

‘Ada apa Mal?’

‘Maliiiing.. ada mailing..’

Hah! Mana malingnya? Apa yang ilang?

‘Handuk Mala ilaaaaang Al…’

Ehhh! Rada geli kami bingung. Masa sih ada maling nyuri anduk? Anduk bekas pakai? Tau-tau salah satu kawan bilang.

‘Anduk saya juga gak ada.’

LOHHHH!

Aduh!! Handuk saya masih ada gak ya?

Selidik punya selidik, kami menemukan bahwa TV juga hilang. Kami piker-pikir, mungkin dua handuk itu dipakai sang maling untuk membawa TV kabur kali ye… Berarti itu maling muncul pas kita lagi pada shalat masing-masing ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar