Kamis, 03 Juni 2010

Siap Jadi Janda

Ini cerita gak penting banget. Cewe banget, dah! Ngebosenin. Tapi, mungkin bisa jadi bahan pemikiran.


Semalam, sedang asik berbaring menunggu mata terpejam ditemani Harun dan Lautan Dongeng-nya Salman Rushdie, pintu diketuk. Dua orang datang dan beberapa saat kemudian, saya dan teman serumah saya harus menjadi saksi dari drama emosional antar dua orang manusia yang terlibat hubungan pertunangan. Drama ini berakhir dengan tamparan keras yang mengejutkan semua pihak.


Saya ikut keseret-seret dikit.


Okeh, ada dua orang perempuan. Berteman. Dua orang ini bisa asik bareng tapi gak pernah juga saling curhat-curhatan masalah pribadi. Maka kita sebut saja teman. Mari kita beri inisial A dan B. Lalu ada guy1, pacarnya si B.


Si A hanya pernah bertemu si guy1 beberapa kali tanpa banyak interaksi. Hanya jika si B bawa-bawa si guy1 lalu hang-out bareng-bareng lingkaran pertemanan. Suatu hari guy1 jadi suka nelpon A membicarakan B. Isi pembicaraannya biasa antar teman. Sampai suatu hari, salah seorang kawan A mengatakan bahwa B dan guy1 tidak lagi bersama.


Guy 1: Iya…


A : Kenapa?


Guy 1 : Itu kan bukan urusanmu..


A : Okeh, sori.. Gua baru tahu aja.


Guy : Soalnya, ada cewe lain.


Guy 1 saat itu berbohong. Tapi A gak tau dan percaya dengan itu. Sebab sehari sebelumnya, A Baru saja bertemu dengan B yang curhat pajang lebar. Betapa dia gak bisa melupakan guy1 dan masih mengharapkan.


B: Dia itu bilang sama gue kalo dia bareng sama cewe lain. Cewe itu temen gue. Lo bisa ngebayangin gak sih gimana perasaan gue?


Yup, cewe A itu saya. Dan pembicaraan yang saya tuliskan adalah pembicaraan saya yang terakhir dengan guy1, sampai semalam. Saat dia entah bagaimana, tiba di depan pintu saya.


Sekarang, kita lihat dari sisi guy1.


Guy 1 punya cewe kita sebut saja B. Suatu hari, si B ini mengaku kepada guy 1 bahwa dia punya pacar lagi yang kita sebut saja sebagai guy 2. Ini membawa hubungan mereka jadi berantakan. Lah, iya, laaah!!!

Guy 2 tahu tentang guy 1. Tapi kelebihannya guy 2 ini adalah, dia juga kenal dekat dengan ibu si B. Ibu si B tadinya netral agak cenderung ke guy 2. Tapi itu terserah anaknya.


B perlu waktu lama memilih dan menggantung 2 orang laki-laki sampai mereka masing-masing tertekan. Dalam keadaan tertekan itu, guy 1 melarikan diri dengan hang-out kepada cewe A. Bagi guy 1, hanya sekedar tempat istirahat aja. Menyenangkan punya temen hang-out yang gak perlu mengkhawatirkan perasaan cinta-cintaan. Toh si A tau guy 1 itu sama B, jadi gak mungkin kan si A mengharap apa-apa.


Tapi ternyata masa istirahat ini jadinya panjang dan mulai mengarah semakin dekat. Dan itu semua berakhir karena B tau-tau curhat sama A. Ini akhir dari PDKT A dan guy1.


Sekarang, dari sisi B.


B percaya bahwa guy1 diam-diam bareng sama A, tapi dia gak bisa konfrontasi langsung karena dia juga bermasalah. Jadi, dia menerima lamaran guy 2, lalu mereka bertunangan. Ibunya bahagia. Ayahnya B yang sebenernya lebih suka dengan guy1 okeh-okeh aja dengan itu.


Setelah pertunangan, barulah kemudian masalah besar datang. Guy 2 ternyata bukan seperti yang diperlihatkan sebelumnya. Dia posesif banget. Sampai B gak bisa lagi kemana-mana dan ngilang dari hubungan petemanannya. Cewek maupun cowok. Sebulan sebelum pernikahan, tindakan fisik mulai dilakukan. Tampar! Gampar! Jenggut!


Cerita kemarin.


Sesuatu membuat B akhirnya gak tahan. Pulang kantor, dia pergi ke kantornya guy 1. Guy 1 yang sudah sering dicurhatin sama B cuma nyuruh B untuk jujur sama orangtuanya. Tentang apa yang terjadi. Curhatan itu berlangsung sampai malam dan akhirnya, guy 1 nyuruh B pulang. Tapi B gak mau pulang karena takut kena gampar orangtuanya yang gak mau terima kalo anaknya pulang malam.


Maka guy 1 mengantarkan B ke......tempat tinggal A.

………………………………………


Saya senang aja mereka tiba-tiba nongol. Udah lama gak ketemu dua-duanya, soalnya. Tapi, yah, saya baru tahu kalau ternyata saya ketinggalan banyak cerita. Tapi cerita masih berlanjut. Baru saja guy 1 pulang, telpon berdering dari guy 2. Moarah-marah karena seharian gak berhasil menghubungi B. Dia gak percaya bahwa B menginap di rumah temen ceweknya. Sampai akhirnya si B memberikan alamat untuk membuktikan.


Bad idea!


Guy 2 nongol, dan perang terjadi. B sampai memohon-mohon maaf karena pergi seharian tapi terus saja bentakan demi bentakan keluar dari mulut guy 2. Saya dan Eni yang tadinya mengkerut di pojokan mulai ikut emosi. Apalagi Eni. Sebagai pemilik rumah, dia bilang gitu, tuh, Eni menyuruh guy 2 keluar. Kalo gak, dipanggilin Pak RT!


Guy 2 tambah sewot, dong. Dia mulai melampiaskan kemarahannya ke orang lain yaitu saya. Dia tahu bahwa B diam-diam sering ketemu guy 1 dan itu semua gara-gara saya. Karena saya ’putus’ sama guy 1 akhirnya bikin semuanya kacau balau lagi.


Di titik ini, saya udah kepusingan sendiri. Duileeeh, nonton sinetron aja gak pernah ngerti, gimana menghadapinya sendiri. Ruwet banget, sih!!!


Lalu...


PULANG!!!


Teriak guy 2.


B gak mau dan akhirnya...


PLAK!!!!


Semuanya bengong.....


PULAAAANGG!!!!


GAK MAUUU!!!


Itu semua diakhiri dengan Eni tau-tau udah megang tongkat kasti dan mengayunkan ke kepala Guy 2


‘Lo kalo gak pergi dari rumah gua sekarang juga ini tongkat mendarat di kepala lo!’


Tu orang pergi. Entah karena takut, tapi kayaknya sih, lebih karena malu soalnya di depan rumah udah ngumpul cowo-cowo nerd tetangga yang semuanya melongo tapi siap membantu tiga cewe cantik ini, heheh...


Percakapan antara saya dengan B pagi ini:


Saya: Kenapa lo gak coba jujur aja sama orangtua lo tentang hal ini?


B: Udah…


Saya: Trus?


B: Masalahnya, ibu gue itu lebih percaya guy 2 daripada gue.


Saya: Loh, kok, bisa?


….. (hening)


B: Lagi pula, undangan udah dibuat. Kalo ada apa-apa, mau ditaro ke mana muka kita.


Saya: Tapi, ini kan hidup lo sampai…nanti. Sampai seumur hidup lo, atau dia.


……………… (hening)


Saya: Gimana pendapat bapak, lo. Bapak biasanya lebih bisa ngerti anak ceweknya, kan?


B: Iya, emang. Bapak gue bilang, dia tahu kalau gue bingung memutuskan. Dia juga tau, kalo gua baru ngeh sama perasaan gua saat gua tahu kalo guy1 sama lo. Tapi itu udah terlambat. Gua udah terlanjur nerima guy2. Jadi bapak nyuruh gua untuk ngelanjutin sama guy2.


Saya: Tapi, bapak lo kan sukanya sama guy1.


B: Tapi bapak gue pengen liat ibu gua hepi.


………..(hening)


B: Kalo lo jadi gua?


Saya: Tau, deh! Kawin lari, kali. Atau, yah, ngadepin camer bilang batal. Terserah, dah! Gua kagak mau dikurung, bok! Apalagi dijadiin samsak.

………


Saya: Udah, lo kawin aja sama guy1. Lo berdua kan masih sama-sama sayang. Gua kira, bapak lo bisa ngerti. Bapak lo kan suka sama guy1. Pasti mau ngerti, deh! Apalagi kalo dia tau bahwa lo suka digebuk sama guy2.


B: Gua kan udah bilang, bapak gua itu maunya ibu gua hepi. Kalo gue melakukan itu, mungkin gua bakalan digamparin sama orangtua gua.


Saya: Loh, mendingan digamparin sama orangtua. Udah selesai, kan, udah! Kalo lo nikah sama guy2, gak ada yang tau sampai dimana batasnya. Bisa seumur idup! Pernah nonton oprah, gak, sih?


B: Yang pasti, gua udah siap...


Saya: Siap apa? Siap babak belur?


B: siap jadi janda.

……………….


B: Orang kan harus bertanggungjawab sama apa yang dia pilih, AL. Dari awal, ini udah salahnya gue.


Saya: Yaaa, tapi kalo masih ada waktu memperbaiki, kenapa enggak, sih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar