Selasa, 15 Juli 2008

Anak Orang Kaya

Guru itu suka ngegosip, beuh!! Gak percaya? Coba aja sekali-kali datengin ruang-ruang guru di setiap sekolah jam-jam setelah pulang sekolah, niscaya…( ini anak-anak SD paling demen pake bahasa kayak gini: NISCAYA…) kedengeran suara-suara para guru terkekeh-kekeh cerita-cerita tentang anak-anaknya atau wali murid. Topik pembicaraannya macem-macem, dari mulai prilaku anak-anak hari itu atau prilaku seorang anak dari dulu sampai sekarang, wali murid dari yang nyebelin (menurut guru) sampe wali murid yang bikin kita terharu, terpana, terkagum-kagum. Dari mulai pemadaman listrik bergilir, sampai kisah cinta OB lantai dua (hihihi…)

Hari ini, obrolan kita di ruang guru adalah perihal anak-anak yang sok kaya. Awalnya gara-gara salah seorang rekan kita, guru baru. Dia baru pertama kali mengajar, Fresh Graduate. Diposisikan sebagai asisten guru di kelas satu. Rada terkaget-kaget dia dengerin anak-anak yang ngobrol. Seorang anak bertanya pada temannya yang duduk disebelah:

‘Kamu anak orang kaya gak? Kalo kamu kaya, aku mau temenan sama kamu’

rekan saya itu sampe keselek ludahnya sendiri mendengar anak-anak SD kelas satu bicara seperti itu. Tau-tau bergulirlah cerita-cerita dari guru-guru lain mengenai anak-anaknya.

‘Tau gak, anak saya si Endrie (bukan nama sebenarnya, semua nama di blog saya ini bukan nama sebenarnya) tiap jum’at kalo pak Ahmad datang ngidarin Infak, dia bilang, ‘Huh! Kata mama gak usah infaq segala, nanti aja sendiri kita nyumbang 5 juta buat panti asuhan.’

Kok aneh ya…ada orangtua ngajarin anaknya sombong kayak gitu. Yah, mungkin bukan maksudnya tuh mamanya Endrie ngajarin sombong sih, tapi hal-hal kayak gitu kan gak usah diomongin di depan anaknya, kalopun emang bener. Infaq tiap jum’at itu selain emang uang infaqnya buat disalurin ke yang membutuhkan, tapi juga mengajarkan anak-anak kita untuk ringan dalam memberi. Bukan masalah infaq seribu mendingan nanti aja sekalian 5 juta.

Ada lagi yang lucu, ini cerita dari aku. Ada anak kelas 4 yang sangat sok kaya. Kalo di mobil sekolah kita akan pergi ke Fieldtrip, anak itu suka komentar yang mengesalkan, ‘Tuh…tuh…liat tuh! Itu rumah orang-orang miskin. Rombeng, kotor, bau…’

Aku sebagai guru pastinya memperingatkan dan menasihati dengan baik-baik. Tapi bener, kadang rasanya geregetan banget apalagi pada saat pelajaran yang kuajarkan, Social Study…rrrghhhh! Kalo masalah nilai sih anak itu sama skali gak masalah, selalu baghuuuus! Tapi membangun empatinya itu sampai, mau putus asa saja rasanya. Pada suatu kali, kebetulan kelas 4 salah satu topiknya adalah “Masalah Sosial” termasuk masalah kesenjangan sosial dan kemiskinan. Aku memberikan Slide gambar-gambar kemiskinan dan kelaparan di Indonesia dan beberapa negara Afrika. Sementara anak-anak yang lain dari tampangnya tercermin hati mereka yang tersayat-sayat sembilu, anak itutuh…terkikik-kikik di belakang. Saya tanya, kenapa? Dia jawab: Orang-orangnya lucu bu..item-item banget, perutnya kayak mau meletus. Haduuuuuh…nak? Pada hari selanjutnya, aku menceritakan mengenai sepak terjang Dompet Dhuafa Republika sebagai salah satu upaya penyelesaian masalah-masalah sosial. Yang aku harapin sih, mungkin aku akan melihat sekilas….sekilaaaaaaaaaaaaaaas aja suatu ide di wajah anak-anakku. Entahlah, mungkin seperti suatu pemikiran…”pada suatu hari, ketika saya dewasa nanti..saya akan melakukan hal seperti ini”. Yah…itu kan yang diharapin guru, menciptakan generasi yang baik nantinya. Tapi anak ituuuu, malahan menguap-uap aja dia. Dari awal semua anak tertarik, lalu anak itu nanya, ‘Bu? Ini emang keluar di ulangan?’

‘Insya Allah gak, ini tambahan aja dari ibu’

‘Oh!!’

Nah anak lain masih tertarik ngedenger, anak itu udah males.

Ini guru TK yang cerita, “TK B angkatannya si Endrie tuh, parah..! tau gak si Wulan, tiap hari sama gank-nya ngata-ngatain Miko aja. Miko kan tinggalnya ngontrak…hiiy rumah kontrakan tau!’

Ah masa sih? Aku susah percaya, TK gitu loh..

“beuhh! Tiap kita Fieldtrip, liat rumah gede, biasanya kan anak-anak itu bakalan komentar: wih, rumahnya keren! yang kayak gitu lah. Ini mereka komentarnya gimana coba: ihh! Rumahnya gede, sekitar dua milyar itu harganya.”

Heuheuheu… sebenernya ini agak sedih bagi kami para guru, tapi lucu juga ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar