Kamis, 17 Juli 2008

Guru Suka Bolos

Awalnya bikin blog ini pengen nulis serius-serius gitu, tapi kok udah banyak banget blog guru serius pisan. Jadi males…lagian kalo udah karakter diri emang susah dirubah eheuheu… Jadinya di blog ini cuma jadi tumpangan ngoceh sehari-hari aja.

Paling bete itu ngadepin atau bekerjasama dengan guru yang suka bolos atau guru yang males ke sekolah. Kadang suka heran sendiri, kenapa atuh jadi guru kalo males ke sekolah?

Soalnya justru jadi guru gampang bolos.

Masalahnya gini, saya pernah kerja di sebuah perusahaan swasta sebelum mengajar, jika ada rekan yang gak masuk, yang lain gak ngaruh apa-apa. Tapi kalo ada satu guru gak masuk, itu artinya seorang guru yang lain (atau beberapa guru) harus menggantikan tugasnya dalam waktu satu hari. Dan mungkin bukan hanya itulah, tapi apakah hatinya tidak bertanya kalo dengan seenaknya meninggalkan anak-anak begitu saja.

Rekan saya yang suka bolos itu, orangnya sering sakit. Sakit sedikit saja tidak masuk. Dan kadang aneh-aneh aja masalahnya: kecebur di got lah, sepatunya robeklah…aduh capek deh! Belum lagi ditambah izin-izin lain seperti: musti bawa komputernya ke tempat service, pindah kontrakan. Kenapa gak nyari hari minggu sih? Itu belum hari-hari dia tidak masuk tanpa alasan.

Hari ini, rekan saya itu sakit lagi. Pas banget hari ini, ada beberapa rapat dan acara dari yayasan sehingga guru yang dapat hadir di sekolah hanya para wali kelas. Akhirnya kelas 4, kelasnya rekanku itu, terbengkalai tidak ada yang mengajar. Sedih juga melihat anak-anak kelas tetangga luntang-lantung hanya diberi kertas-kertas fotokopi tugas yang saya fotokopikan tadi pagi (meninggalkan tugas untuk anak-anakpun tidak, Masya Allah!!!).

Sedang asik-asiknya saya bercerita mengenai candi Prambanan, candi Borobudur dan sedikit tentang Siddharta Gautama, tau-tau saya mendengar suara anak-anak berbisik. Setelah saya cek, ternyata anak-anak kelas tetangga berada di bawah jendela mendengarkan dan sesekali mengintip.

‘Kalian lagi apa?’

‘Ngedengerin ibu..’

‘Kan ibu gak suka kalo kalian suka ngintip-ngintip kelas lain yang lagi belajar’

‘Ya..Ibu.. Abis kita belajar sama siapa dong bu?’

Jadi sedih…

‘Jangan ngintip-ngintip dong! Kalo mau ikutan dengerin pelajaran kelas 5 boleh, tapi duduk yang rapih dan jangan mengganggu ya..’

‘Asyiiiiiiiiiiiiik!!! iya bu…’

‘Bawa karpetnya..’

Akhirnya hari ini di kelas saya ada banyak orang, hihi…udah kaya SD di daerah saja. Tahun kemarin, setiap minggu anak kelas 4 musti kehilangan wali kelasnya hampir 2 hari. Mudah-mudahan hari ini wali kelas 4 beneran sakit dan mau berubah ya….

Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar