Kamis, 20 Mei 2010

Almost Alice

From the moment I fell down that rabbit hole,
I have been told what
I must do and who I must be.
I've been shrunk, stretched,
scratched and stuffed
into a teapot.
I've been accused of being Alice
and of not being Alice,
but this is my dream.
I'll decide where it goes from here!

Espektasi saya terlalu tinggi aja kayaknya untuk film ini makanya jadinya kecewa berlebihan. Maksud saya, Tim Burton. Sutradara fave saya nomor dua setelah M. Night Shyamalan. Yaaa, yaa... M. Night Shyamalan kan cuma keren di indera keenam dan desa! Terserah! Pokoknya saya suka M. Night Shyamalan!

Gak sabar nunggu Aang jadi orang..

Kembali ke Alice.

Begitu tau Tim Burton mau bikin film yang diangkat dari karya klasiknya profesor matematika yang kabarnya super kiler bin galak naujubile yaitu Charles Lutwidge Dodgson yang menyamar sebagai Lewis Carol itu, saya langsung nyengir selebar-lebarnya.

Pasti sama Abang Depp dan Mbak HBC. Ditungguuuu!!!!!

Beberapa saat sebelum nongol, langsung lemes sejadi-jadinya. Beuh!!! Gak nyontek dari karya asli tapi yang diceritain adalah si Alice balik lagi ke Wonderland setelah 13 tahun berlalu. Kecewanya sama kayak pas tahu setelah nunggu-nunggu bahwa Journey to the Center of the Earth yang jadi film itu bukannya adaptasi dari novelnya, si keren dan jagoan sains fiksi klasik Jules Verne.

Jadi males nonton.

Tapi nonton juga akhirnya.

Dan karena udah kecewa duluan maka selama nonton saya cuma 'ah' dan 'uh' aja. 'ah' 'uh', 'haaaaaaaaaa!!!!'... Sampe temen nonton saya suebel banget dan nekad tukeran kursi sama sebelahnya yang kebingungan tapi dengan alasan yang misterius, mau aja...

Najissss!!!!

Abis adegan pertamanya aja udah bikin semangat makin ambruk. Bapaknya Alice ngobrol dengan rekan bisnisnya dan bilang bahwa punya rencana ekspansi ke Bangkok dan Jakarta. Duileeeeeh.. Emangnya bapaknya si Alice itu diceritain bisa liat masa depan gitu ya kok tau kalo Batavia waktu itu bakalan berubah nama jadi Jakarta? Hebuat bener!!!

Trus Alice kecil nongol. Mimpi. Bapaknya nganter tidur. Saya membelalak sebab Alice pake make up! Waduh, jangan-jangan penata artistik, make up dan costum film ini orang Indonesia pekerja sinetron. Lahdahlah!

Make up pastilah dipake, tapi masa sih keliatan banget gitu? Anak kecil gitu, loh! Dan kalaupun he-eh jaman itu para gadis kecil udah pake make up, tapi gak sesuai dengan karakter Alice yang independen dan karakter bapaknya yang rada hobi ngedobrak budaya saat itu. Yeah, paling enggak, kontradiksi sama kehangatan si bapak yang merupakan gak lazim pada zaman victoria.

Saat ngobrol sambil makan malam sama temen nonton, dia bilang acting Alice kaku banget! Gasuka gasuka.... Kurang ekspresif. Saya malah gak sependapat. Untuk masalah itu, saya kira, karakternya pas. Alice kan cewe yang hidup dalam kepalanya. Jadi tepuat, tuh! Yang bikin heran adalah saat si Alice kabur semerta-merta di tengah lamaran orang demi mengejar kelinci. Dia kan udah remaja. Bahkan bisa dibilang, untuk ukuran saat itu, dewasa! Maka mengherankan banget tau-tau bisa ngacir gitu aja. Dia pemberontak, di dalam dirinya.

Kecuali kalau dia anak kecil.

Nah, nah.. Kan. Jadi ribet. Lagian sih Alice-nya pake udah gede. Masih kecil aja kenapa, sih!

Gak pantes pula kan untuk orang segede itu dengan enaknya minum cairan yang dia gak tau hanya karena ada tulisan 'minum aku' dan makan kue dengan judul 'makan aku'. Paling tidak, harusnya begitu jatuh, dia gedor-gedor dinding, kek! Tereak-tereak, kek! Panik gitu!

Sebenernya sih dalam hal visualisasi wonderland-nya teteup...sesuai dengan reputasi Tim Burton. Daya imajinatif yang nyolot hingga merindingkan badan. Saya lebih suka visualisasinya Tim Burton daripada film sebelumnya yang ceria ceria ceria..!!! Beuh, gak kebayang kalau Wonderland nongol dari kepalanya Andrew Adamson... Nanti bahkan si Caterpillar pun nyanyi nari lagi...Ouch!

Karena biar bagaimanapun, ada suatu kengerian pada zaman Victoria..

Bicara tentang hening, mungkin inilah yang membuat saya selalu menunggu karya TB. Kita sebagai penikmat diberikan hela untuk perenungan ke dalam. Gak ada distraksi dari tokoh yang gak bisa berhenti bicara.

Saya bosan dengan Abang Depp disini. Mungkin karena yang dimainkannya bukan lagi sebuah kejutan. Sama aja kayak Willy Wonka. Udah gitu Anne Hathaway yang melambai lambai menyeramkan itu kok jadinya malah saya simpati sama The Red Queen-nya Mbak HBC. Well, emangnya si Ratu Merah ini karakter kisah ini yang paling nanceb bahkan lebih dari Alice kalo kata saya. Bahkan di film ini pun masih. Dan, HBC memerankannya pas banget! Sungguh meledakkan ekspektasi saya, namun tak sampai over! Saya tertawa terbahak-bahak tiap kali Ratu berteriak:

PENGGAL KEPALANYA!!!

Orang2: Ssst....

Ngomong masalah si Ratu ini kan katanya merupakan pengjawantahan dari Ratu Victoria. Mungkin itulah kenapa si penulis pake nama samaran segala. Ternyata kabarnya Ratu Victorianya sendiri fans-nya Lewis Carol dan bahkan sampe nulis surat minta dikirimin lagi karya lainnya. Si Prof yang bingung akhirnya ngirim Ratu Vic dengan buku lain yang ditulisnya yaitu teori matematika apalah gitu, hihi... Pakabar tuh ya!!

Eniwey, walaupun banyak kecewa dengan cerita, bukan visualisasi yang menurut saya tetep okeh banget, tapi paling tidak, saya mungkin ngerti kenapa Alice in Wonderland musti dipermak menjadi, seharusnya, Back to Wonderland. Kenapa?

Mungkin jawaban tiap orang itu beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar