Minggu, 31 Januari 2010

Obat Cinta Avicenna

Saya sedang membuka dan membaca jurnal yang saya tulis dalam rentang waktu dari 18 April 2006 sampai dengan 11 Januari 2007. Dalam Jurnal, saya bukan hanya menulis kejadian dan pemikiranb, tapi juga review dari buku yang saya baca, film yang saya lihat, dan lengkap dengan kutipan-kutipan menarik yang saya temukan.

Daan saya tertawa ketika membaca kutipan yang sempat saya catat yang diambil dai buku The Name of The Rose karya Umberto Eco. Ini mengenai cinta. Atau lebih tepatnya, pendapat mengenai cinta pada abad pertengahan.

Dari Avicenna (Ibnu Sinna)
Cinta adalah pikiran melankolik yang terus menerus yang muncul sebagai akibat dai seseorang yang memikirkan dan memikirkan lagi sosok, sikap, atau prilaku dari seorang lawan seks: sebenarnya bukan merupakan penyakit tapi berubah menjadi penyakit ketika, tak terpuaskan, menjadi pikiran yang obsesif.

Obatnya:
Menyatukan kedua kekasih itu dalam perkawinan yang akan menyembuhkan penyakit itu. Bila ini tidak dapat, dapat memakai pengobatan air panas yang radikal. Pengobatan yang lainnya adalah mencari seseorang yang sudah tua dan berpengalaman untuk menjelek-jelekan orang yang dicintainya.

Dan saya bertanya-tanya mengenai metode penyembuhan air panas yang radikal itu, kayak gimana yaa...?

1 komentar:

  1. ada-ada aja ya
    pengobatan air panas yg radikal?mngkin efeknya dan prakteknya hampir sama kyk kalo kita lg ngusir kucing2 horny yg berisik di tengah malem dgn seember aer dingin(sadisan dingin apa panas bu?) :p
    -tweet

    BalasHapus