Jumat, 01 Januari 2010

Tetangga.. Oh, tetangga..

Saya sedang asik bengong di ruang tamu tiba-tiba ada dua orang cewe datang. Tersenyum-senyum cengengesan liat saya.


‘Hai, kak..’


Hai…


Karena mereka berdua masih senyum-senyum simpul dan saya sungguh gak ngerti ni cewe-cewe mau apa mau ketemu sama siapa, maka saya pasang muka bingung yang sopan.


Plus cengiran..


hehehe…


Ibu saya liwat, langsung eh-eh-han.


Ada apa, nih?’ kata ibu.


‘Ini, bu.. Mau bayar kostan…’


Oh, anak kost, batin saya. Kirain siapa.


Oh, ya.. Ibu saya ini punya usaha kost-kostan.


Saya duduk lagi di tempat semula. Baca buku. Udah bosen bengongnya.


‘Pamit dulu ya, kak..’ kata mereka kepada saya. Saya bales senyuman.


Ibu saya memandang mereka pergi.


Bayar kostan aja ampe dua-duanya nongol?


‘Iya, terlambat. Takut dimarahin, kali. Gak mungkinlah. Ibu gak tega sama mereka. Biar terlambat terus, ibu gak pernah nagih. Kasihan..’


Emang kenapa?


Maka mengalirlah cerita, bahwa mereka berdua kerja sebagai pelayan toko di salah satu pasar. Kerja dari pagi sampai jam 10 malem, gak ada liburnya. Gajinya kecil sekali. 600 ribu.


’Ibu gak bisa bayangin’ mulai deh matanya berkaca-kaca. ’Buat bayar kostan, terus buat makan, belum ongkos. Namanya anak muda kan pengen jalan-jalan. Kasihan..’


Lah, ibu. Yang ngejalaninnya aja ringan, kok. Asal kita gak nambah beban mereka aja.


’Nah, itu.. Mereka berdua sering banget diganggu tetangga.’


Hah, maksudnya?


Saya tahu kamar disebelah mereka adalah cowo-cowo tinggal bareng.


Maka, cerita terus mengalir.


Beberapa bulan yang lalu, para tetangga minta agar cewe-cewe itu disuruh pindah aja. Alasannya, mereka berdua mencurigakan! Kayaknya, cewe gak bener! Ibu saya tentu gak asal gegabah. Selidik punya selidik, ternyata tetangga itu kena pengaruh oleh seorang ibu yang lebay yang tinggal di depan rumah kami. Gak tau kenapa itu ibu gak suka banget sama mereka.


Maka, alih-alih mengusir, ibu saya pun membela mereka.


Berbulan-bulan kemudian, dua cewe itu mengajak bicara. Ternyata mereka sudah lama mendapat semacam intimidasi. Kali ini, dari anak kostan juga. Awalnya, mereka suka dimarahin gara-gara pulangnya malem. Gak bae cewe-cewe pulangnya malem. Karena si anak kostan yang marahin itu adalah seseorang yang deket dengan ibu saya, maka mereka iya..iya aja.


Tapi yah namanya juga kerjanya emang sampe malem. Toko baru tutup jam 10, jadi gimana dong? Blum kalo disuruh beberes dulu. Teteup aja kan mau gak mau pulangnya malem? Ya, gak?


Dari yang tadinya dimarahin, sekarang mereka berdua mulai diancam-ancam segala. Setelah berminggu-minggu terjadi, mengadulah mereka.


Ibu saya kaget. Sebab ibu saya tau, mereka pulang kerja udah malem. Karena itu gak pernah dipermasalahin kalau pulang malem. Kenapa tiba-tiba si, kita sebut aja AK, ai AK itu ngomelin anak orang?


Ibu mengajak bicara AK. Jangan begitu, AK, kata ibu. Kasihan mereka Cuma dua cewe di kota ini gak punya sodara.


AK nurut.


Selidik punya selidik, ternyata AK pun dipengaruhi oleh si ibu depan rumah. Geleng-geleng kepala. Apa sih yang bikin tuh ibu dengki anget sama dua anak cewe itu.


Beberapa hari yang lalu, ibu saya kembali dapet komplen tetangga. Tentang dua cewe itu lagi. Kali ini, si ibu depan rumah yang ngoceh. Yah, lumayan. Kali ini dia ngomong atas namanya sendiri.


’Bu Ustadzah depan rumah itu komplen ke saya,’ kata tetangga depan rumah. ’Cewe-cewe itu kalo nyetel musik kenceng. Berisik.’


Emang sih, kebiasaan pagi sebelum berangkat kerja, mereka berdua nyetel musik. Tapi seinget saya, gak gitu mengganggu. Justru si ibu depan rumah kalo nyetel music alaihissalam kencengnya.


Maka pagi selanjutnya, ibu saya sengaja keluar saat dua cewe itu nyetel music. Bu Ustadzah depan rumah nyiram kembang. Ibu saya pun berkebun. Tu kamar dua cewe terbuka lebar di dalamnya mereka berdua ngobrol sambil siap-siap kerja.


Ibu saya pengen tau reaksi Bu Ustadzah. Kalo emang sering komplen, beliau akan bilang ke ibu saya. Bu Ustadzah ini orangnya terus terang.


Tapi beliau tenang aja. Senyum-senyum.


Dua cewe itu mematikan musik, mengunci pintu, menuruni tangga, lalu jalan melewati Ibu Ustadzah.


’Nyiram bunga, Bu?’ tegur salah satunya.


’Iya, nih. Mau kerja neng?’ Balas Bu Ustadzah.


’Iya.. Bu, mari..’


’Silahkan.. Rajin yaa..’


Ibu saya tersenyum. Gak ada masalah, kok..


Hah, tetangga... Tetangga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar