Sabtu, 06 Februari 2010

sampai kapan sih mbak mau tomboy terus?

Tadi, baru pulang dari jalan seharian, saya ngacir lagi. Ibu langsung nyerocos..

'Gak betah amat sih dirumah. Baru pulang langsung pergi lagi.'

Mau potong rambut.

Ibu geleng-geleng kepala aja. Percuma mau ngomong apa juga teteup saja bakalan masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Gak akan menghalangi niatku potong rambut.

Saya tiba di salon langganan, langsung dibukakan pintu oleh putri kecil. Usianya sekitar tiga tahun, dan dia manis sekali. Ada tiga. Ada tiga anak perempuan putri sang pemotong rambut. Yang paling besar, kelas 1 SD. Sedang semangat belajar membaca. Sangat kekakakkan... Sangat melindungi adik-adiknya. Karena anaknya tomboy, pembawaannya kayak abang ke adik-adik perempuannya saja.

Anak kedua, sekitar 4 tahun. Pecicilan abis!!! Jahil, usil, dan cerdas sekali. Senangnya nyelusup-nyelusup tempat sempit. Rambutnya keriwil bikin gemes aja. Dan yang terakhir, gak pernah saya dengan ngomong, tapi senyumnya manis sekali.

Ketiga anak itu sedang siap ngaji di mushalla, jadi gak saya lihat lagi. Tapi saat saya duduk di kursi panas, ibu-ibu datang. Langsung komentar-komentarin saya.

'Anak jaman sekarang, dipotongnya pendek-pendek. Kayak laki!!'

Saya senyum manis aja.

'Iya,' kata ibu satunya menimpali. 'merasa rugi sering pergi ke salon, kali..'

Senyum saya ilang.

Untung mereka gak lama, cuma mau bikin janji nyanggul besok hari. Si mbak pemotong rambutnya, yang nampaknya gak enak, jadi tanya-tanya (biasanya dia gak gitu)

'Gak usah dipikirin mbak, namanya juga ibu-ibu.'

Iya, gak kepikiran kok.

'Emang mbak potongan rambut kayak gini dari kapan?'

Dari dulu emang potongan rambut saya selalu pendek tanpa model macem-macem. Karena saya putih, rambutnya lurus dan kenyataan bahwa saya pake kacamata, maka jadilah sering dibilang mirip harry potter. Cuma warna rambut aja suka ganti-ganti yang gak jauh dari merah atau cokelat.

Tapi, sekarang sih karena pake jilbab dan ganti jadi lensa kontak, jadi gak dibilang harry potter lagi.

Wah, dari kapan yah? Dari dulu sih... Dari SD kayaknya.

'Waduh mbak, sampai kapan sih mau tomboy terus?'

Wateziggg!!

Lo sebenernya mau menghibur gue atau mau jorokin gue sih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar