Sabtu, 13 Maret 2010

KasakkusuK

Nanti tolong bapak-bapak sama ibu-ibu, kalo ditanya tentang alat tulis, bilang dapet, yah! Soalnya saya laporannya ke atas, bapak-bapak sama ibu-ibu dapet alat tulis tiap pertemuan. Kenapa begitu? Sebab, kan, bapak-bapak sama ibu-ibu sebenernya gak dapet ongkos gak dapet makan kalo kita pertemuan. Tapi kami pengurus bingung sama bapak-bapak dan ibu-ibu yang jauh-jauh harus datang kemari. Sedangkan dari sekolahnya sama sekali gak dapet ongkos. Makanya tiap kali datang bapak-bapak ibu-ibu dikasih uang transport 10 ribu untuk pengganti makan transport, itu.

Ooooo....

Sebenernya mah itu melanggar ketentuan, saya bisa kena ini. Tapi, yah, gimana lagi. Maka saya laporkan saja kalo tiap pertemuan, bapak-bapak dan ibu-ibu dapet alat-alat tulis baru.

Saya seru cekikikan dengan guru di sebelah saya:

Saya: Gile, itu kalo ada yang iseng baca laporan, heran kali, ya... Guru-guru di gugus ini gak pernah bawa alat tulis, hihihi..

Dia: Iya, ya.. Hihihi....

Pokoknya kita mah, saling mengerti saja. Seperti saya laporkan kalo kita ada biaya nyewa in focus sebetulnya mah, enggak. Masalahnya saya jauh-jauh ke Bandung nyari nara sumber buat pelatihan kita, tapi orangnya sibuk. Saya udah jauh-jauh pergi, gak dapet, kan bingung. Maka ongkos saya itu, dilaporkan saja nyewa in focus.

Ngangguk-ngangguk....

Soalnya kita kegiatan selama 6 bulan ini kan cuma dikasih jatah 24 juta. Harus cukup. Nanti laporannya dipereksa kalo gak bener bisa kena saya. Soalnya ini dananya asalnya dari bank dunia sama pemerintah belanda.

Iya..iya... ngangguk...ngangguk...

Saya gak mau kayak bendahara SDxx itu. Sok bapak-bapak sama ibu-ibu kalo mau menghadiri sidangnya. Saya denger ceritanya saja sudah kasihan. Diinterogasi polisi dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam gak berhenti. Sampai stres.

Saya kasak kusuk lagi:

Saya: Ada apa sih?

Guru sebelah saya (GSS): Gara-gara dana BOS.

Saya: Kenapa dana BOS? Korupsi.

GSS: Jadi, mereka gak tau kalo dana BOS ga boleh buat seragam. Pas laporan, kenalah mereka Langsung ditangkap polisi.

Saya: Busyet!

GSS: Kalo dana BOS emang gak boleh buat beli seragam.

Saya: Kalo anak-anaknya gak punya uang buat beli seragam, gimana? Boleh sekolah gak pake seragam?

GSS: Ya gak boleh, lah. Pokoknya dana BOS gak boleh buat seragam.

Saya: (garuk-garuk kepala)

Saya: Gara-gara gak tau, kepsek SD xxx ditangkap? Diinterogasi dari jam 6 sampai jam 12 malem gak berhenti terus-terusan? Kenapa atuh Pak Polisi gak kayak gitu galaknya kalo sama pejabat koruptor?

GSS: Pokoknya, kita bersyukur aja gak ditunjuk jadi bendahara sekolah nanganin BOS. Pusing, da...

Saya: Kalo swasta boleh gak nerima BOS. Itu makanya sekolah saya sampai sekarang selalu menolak BOS. Bukan apa-apa, uangnya gak seberapa, laporannya bikin setres.

Ibu-ibu bapak-bapak, ada pengumuman baru nih Jadi dana bOS itu, sekarang udah gak boleh lagi untuk biaya maulidan. Soalnya buat makan-makan, itu. Tapi kalo buat beli TOA boleh.

Kalo buat bayar penceramah?

Yah, gak usah ada-ada. Kata pemerentah gak boleh, kita mah nurut aja. Ikuti program pemerintah.

Semua ngangguk-ngangguk.

Daripada dipenjara.

Trus dana BOS juga gak boleh buat tur.

Saya: (nyeletuk) kalo fieldtrip, juga gak boleh.

Gak boleh.

Saya: Tapi kan anak-anak juga perlu loh diajak belajar di tempat lain Ke museum misalnya. Gak mahal, kok! Paling ongkosnya aja. Kan tiket masuk museum murah-murah.

Pokoknya kata pemerentah gak boleh. Ini kan dana BOS, masa buat jalan-jalan. Kita nurut aja.

Daripada dipenjara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar