Rabu, 31 Maret 2010

pengajian

Ternyata, jadi ibu-ibu PKK dan rumah tersulap jadi sekrenya PKK atau lebih tepatnya sih, tempat naro barang-barang posyandu itu gak cukup. Setelah hampir dua minggu gak pulang-pulang ke Eni (Sumpah, saya bingung redaksionalnya. Kalo bilang rumah kami, lah, itu bukan rumah saya. Secara teknis kan saya hanyalah seorang teman yang tinggal disana sementara waktu) maka saat nginep disana lagi, hal yang pertama membuat kaget saya adalah sebuah kabar bahwa pada malam Kamis minggu ini, akan ada pengajian ibu-ibu di rumah.

Lah, bagaimana caranya? Gimana ceritanya coba bisa begitu?

Okeh, sebenernya itu adalah keterkejutan yang kedua. Keterkejutan yang pertama adalah, saat saya menemukan rumah banjir.

Ceritanya, saya kan selalu pulang lebih dulu, tuh. Nah, pas sampai di rumah, kebetulan habis hujan, dan begitu buka pintu, dahsyatt!! Air menggenang di lantai.

Ampun, saya tinggal dua minggu aja kok bisa banjir gini?

Ternyata itu gara-gara saya juga, hehe…

Beberapa waktu yang lalu, rumah bocor, dikit. Karena diantara kita berdua sayalah hobinya manjat-manjat, maka sayalah yang naik ke atas genteng buat ganti itu genteng yang pecah.

Masalahnya, saya kan rada pecicilan kadang-kadang, tuh. Maka, genteng satu yang bocor diganti, genteng yang lain pecah-pecah gara-gara keinjek-injek dengan terlampau semangat. Sejak itu, tiap hujan, banjirlah rumah. Berhubung penghuni yang tertinggal selalu pergi sangat pagi dan pulang malam begitu pulang langsung ngegeloyor tidur, jadilah gak keurusan sama sekali. Kalo kebetulan hari libur dan hujan, yaudah ember-ember dan baskom jadi saksi rintikannya. Kalo malam ujannya, hmm, saya Cuma bisa membayangkan bahwa dari cerita yang bersangkutan tinggal disana itu bahwa suatu kali dia tertidur di lantai ruang kerja, tau-tau terbangun paginya basah kuyup dari ujung rambut ke ujung kaki dengan air merembes sampai ke pakaian dalem. Gila! Untung gak badai dong bisa-bisa tu orang mati terbenam dalam keadaan tidur.

Ngepel sana sini, lalauuuu... Nenangga aja, deh! Ngobrol sana-sini, cerita bahwa rumah bocor, daaaan.... Bukan sulap bukan sihir, beberapa ibu menyuruh suaminya untuk bantuin benerin genteng!

Beauty of nenangga, hihi....

Temen serumah saya itu memang bener-bener gak pernah nenangga. Makanya sampai beberapa lama, orang-orang kira sayalah yang si empunya rumah. Dan untuk beberapa saat juga, pada seru aja tanya-tanya mengenai suami saya yang jarang banget keliatan itu.

’Teh, suaminya kalo pulang malem, ya? Kok gak pernah keliatan, sih?’

Hah? Suami saya?

’Ituloh suka keliatan motornya masuk ke situ..’

Ahahaha, si Eni disangka suami saya. Lah, iya juga sih kan tu orang save banget naik motornya. Selain helm yang nutup rapat banget, ditambah saputangan yang nutup mulut. Keliatan cuma matanya doang, itu juga dibalik kacamata, deh.. Siapa yang tau laki atau perempuan kalo sekilas, ya..

Oh, bukan. Justru itu yang punya rumah ini.

’Loh, kalo teteh ini, siapa?’

Saya pembantunya (senyum)

Keterkejutan yang kedua saat tau-tau, ibunya Eni telpon untuk nanyain kue apa aja jadinya buat pengajian itu.

Saya: Hah, kue? Pengajian apa?

Ibunya Eni: Pengajian ibu-ibu itu, loh, AL, kamu gak tau?

Saya: Gak tau… Saya dua minggu tinggal di mess soalnya.

Ibunya Eni: Loh, kenapa? Lagi marahan, ya?

Yeey, si ibu. Emangnya anak kecil suka marahan segala.

Saya: Saya sakit, Bu. Jadi tinggal di tempat yang lebih deket aja supaya gak capek. Ibu tau, kan. Kalo di rumah, ngajar anak-anak tetangga. Gak sampai hati nolaknya.

Ibunya Eni: Lah, gimana sih tu anak. Kok gak bilang-bilang kamu sakit. (Merepet. Beneran, deh! Saya itu kadang merasa jadi heripoter berhadapan sama emaknya ron kalo ngobrol sama ibunya Eni. Katanya, sih, diriku mengingatkan emak bapaknya Eni atas adiknya Eni yang sudah wafat)

Ibunya Eni: Iniloh, katanya malem kamis dapet giliran ketempatan pengajian ibu-ibu. Ah, ibu sama bapak aja deh yang ngurusin kosumsinya daripada kalian beli-beli segala.

Saya: (masih bigung)

Ibunya Eni: AL? Jadi, kue apa aja? Berapa jenis?

Saya: Aduh, saya juga gak tau ni, Bu.

Ibunya Eni: Hahh, kalian berdua, yah... Sama aja. Yaudahlah, pokoknya terserah ibu aja, gimana? Besok ibu dateng sekalian beberes, deh!

Saya: Iya, deh....

Nah itu gara-garanya adalah, malam kamis kemarin si Eni untuk pertama kalinya ikut pengajian ibu-ibu, yang kemudian langsung kena daulat giliran minggu depan. Alasannya, yang belum pernah kena jadi tuan rumah Cuma dia. Lagian, diakan sekretaris PKK, gitu, loh! (Apa hubungannya, coba?)

Rabu pagi, udah nongol dengan bawaan segambreng! Itu suami istri. Dan sekarang, nampaknya sedang duet maut di dapur masak dan mempersiapkan acara malam ini. Ustadznya, gampang, Pak Syarif aja, hihi... Yang langsung bersedia asalkan dikasih makan sampai kenyang! Gampang, Pak! Bisa diatur itu.

Hmm, mudah-mudahan berjalan lancar deh acara malam ini. Doakan, yaaa...

Haah, gak kebayang. Lain kali, apa lagi, yah?

1 komentar:

  1. kudoakan biar lancar jaya,
    kalo ada kue lebih, boleh kan didistribusikan ke bogor bu?
    kujemput deh ke sana, sekalian jalan2
    saya laper mlulu nih
    padahal dah minum obat cacing XD

    -tweet

    BalasHapus