Sabtu, 19 Desember 2009

BeratBadan

Akhirnya terjadi juga saat saya mulai merisaukan berat badan!


*dikasih selamat kanan kiri karena itu tandanya (katanya) kadar ketomboyan saya mulai berkurang*


Awalnya sih, pas lebaran. Pada komentar bahwa saya gemuk banget! Si nenek apalagi, duileeeh! Sebel pisan rasanya. Bersungut-sungut.


‘Kenapa jadi gendut. Nanti gak laku..’


Tapi emang semua orang di rumah komentar gitu, sih.. Saya ndut.


Well, mungkin iya juga sih, yaa... Pas bulan puasa kan pas banget tornado menghantam sekolah dan gatau kenapa, tau-tau saya didaulat semua orang jadi kapten kapal dadakan. Maka, saya yang sumpek kelelahan kerjaannya makaaan melulu. Ya enggak pas siang hari dong atuh. Mirip-mirip vampir lah, begitu adzan magrib berkumandang, maka mulut ini tak henti-hentinya mengunyah.


Ditambah ritual sebelum tidur yaitu satu mangkok mie ayam. Plus teh botol dingin, tentu…


Gak heran pas lebaran, berat badan saya nambah..


Sesudah itu sih, rasanya normal lagi. Kebawa-bawa juga apa kata orang pas lebaran dulu.


AL, lo bahagia bener jadi guru ya? Ampe mekar gitu..’


AL lo ndut..’


Duileeehhhh…


Masalahnya, semua rekan saya kompakan berkomentar saat saya mulai rese bolak balik naik timbangan di UKS.


‘Bu ALifia itu pas lagi, Bu… Gak gemuk, kok. Pas…’ Bu TU.


’Iya lo sekarang semok , AL.. Malah bagus, kok..’ Bu Lulu.’daripada dulu lo kurus banget.. Sekarang lo keliatan cewe


Teteup aja jadi gak PD, ya, gak.. Kalo semua kawan lama dan orang rumah bilang ndut…


Ini, yang mana yang bener, nih?


Saya: En, kayaknya gue mau pindah lagi aja ke mess, yaa?


Eni: Hah?


Saya: Soalnya semenjak gue tinggal bareng lo disini, gue jadi ndut. Gara-gara lo, nih.. Gak sanggup gue gak sanggup liat lo makan.


Mari saya gambarkan sedikit tentang sobat saya ini sang walikelas 1A yaitu Eni. Dia tinggi. Walaupun gak kayak model tapi termasuk diatas rata-rata perempuan Indonesia. Sebenernya tomboy banget, tapi akhir-akhir ini dandanannya jadi feminin. Teteup aja orang yang kenal dia lama ngeliat dia tomboy. Sebenernya slengean, tapi sekarang udah keliatan lebih rapihan. Putih walaupun kalah putih sama saya, heheh.. Cerdas, lucu, kutubuku, dan saaaaaangat suka main game.


Lah, jadi kayak Jodie Starling the English Teacher yang rangkap jabatan agen FBI, yaa…


Langsing..


Sekali lagi, langsing. Bahkan bisa dibilang, kurus. Padahal, beuh! Kalo makan dua piring! Pulang sekolah jam 5 sore makan semangkok bakso, nanti jam 8 malem masak nasi goreng lagi. Dan kalo liat dia makan, walaupun gak laper, tapi bawaannya jadi pengen makan juga. Saking enuaaaknya Eni itu makan.


Mengherankan!


Saya: En, lo kalo makan baca doa gak sih? Jangan-jangan, makanannya dimakan setan, tuh, En..


Eni: Orang jenius emang gini, AL. Makannya banyak, tapi gak gemuk. Soalnya mikir terus..


Saya: (Nyesel nanya..)


Eniwei, balik ke pembicaraan saat saya mau pindah.


Saya: En, gue ndut..


Sambil berdiri di depan kaca. Pokoknya adegannya mirip banget sama adegan di film Jomblo saat si cewenya Ringgo Agus Rahman mematut diri depan kaca sementara si Ringgonya asik nonton bola di TV. Tapi versi saya dan Eni, si Eninya lagi asik main PS.


Reaksinya sama dengan Ringgo.


Eni: Nggg.. (Gak mengalihkan mukanya dari game)



Saya: Eniiii... Kita fitnes, yuk..


Eni: Hah? Gue mau apa yang difitnesin? Lagian, lo juga ngapain fitnes segala. Kayak kelebihan berat badan aja.


Saya: Akhir-akhir ini berat badan gue naik.


Eni: Emang..


Saya: Yaa, makanya fitness. Biar turun lagi.


Eni: Maksudnya lo mau jadi galah hidup kayak gue gini lagi? Ada ada aja. Gue aja pengen badannya kayak elo. Gimana sih? AL, lo tuh orang yang paling dongkol denger cewe ngeluhin berat badan. Dan lo tau gimana gak enaknya. Jangan bikin gue senewen dengan ketidak nyamanan lo itu. GAK ADA APA-APA. LO GAK GENDUT. CUMA AGAK GEMUK DARI BIASANYA!


Saya: (ngambek masuk kamar, heheh..)


Gak ngebahas-bahas lagi tentang berat badan di rumah. Kagak mau kena semprot! Teteup aja jadi rajin bolak-balik UKS.


Beneran, gak nyaman euy...


Tadi dong, kondangan. Teman saya dan Eni, jadi berdua aja deh, heheh.. Tak disangka, ketemu kawan-kawan lama. Huehehe, dunia kok kayak selebar daun kelor, yaa..


Biasa, kalo kondangan yang ditanya partnernya mana..


Kawan: AL, mana pasangan lo..


Saya: Tuh.. (nunjuk Eni yang lagi sibuuuuk bener makan. Gak mau deket-deket. Malu kok temen saya gak brenti makan gitu..)


Kawan: Yah... Cowo dong AL, cowo..


Saya: Lagi gak laku, gue.. Udah dua tahun jomblo.


Kawan: Betah banget romannya jomblo. Ngomong-ngomong, makmur lo sekarang. Jadi gemuk..


Kawan: Iya, AL. Gemuk lo..


Tampang saya langsung keruh, deh.. Muka-muka polos gak bisa boong gini.


Pulang, nogkrong dulu. Ngopi di mall. Berasa orang kaya padahal Cuma dua guru SD miskin. Belagu bener lah pokoknya kita kali ini.


Eni langsung aja buka notebook memperlihatkan hitungan-hitungan. Menunjukkan pada saya bahwa dengan perbandingan tinggi badan, berat badan saya hari ini termasuk....jreng-jreng!!


normal..


Saya diam saja.


’Yang rese bilang lo gemuk kan temen-temen lama, lo. Keluarga lo. Tetangga lo. Orang-orang yang kenal lo dari dulu, AL. Mereka heran liat lo gemuk, karena tadinya lo kurus banget. Kuruuus banget. Gue masih ingat lo empat tahun yang lalu. Ampun, deh... Trus inget gak, kalo lagi pake celana pendek, kata Kirsan, kayak tulang jalan. Jadi mereka heran banget pas liat lo gemuk. Saking herannya sampe kegirangan. Yah, mungkin terlalu girang aja kali ya sampai bikin lo gak nyaman. Tapi kenyataannya, lo tuh.. menurut gue, perfect. Gak percaya? Liat aja ini..’


Saya diam.


‘Cuma muka lo aja yang modelnya jeber jadi kalo lagi pake jilbab, keliatan agak gemuk. Dikit, heheh..’


Heran juga liat ternyata berat badan saya masuk ideal, cing!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar