Kamis, 24 Desember 2009

Menikah

Salah satu sahabat saya akan menikah dalam waktu dekat ini. Dia memberi kabar, dan saya terkejut gak kepalang. Bukan karena dia akan menikah. Yaa, sebetulnya, kabar bahwa dia akan menikah dalam waktu dekat juga bikin saya kaget. Soalnya, saya gak tau sama sekali bahwa dia sedang dalam hubungan. Rasanya, dia jomblo aja gitu. Nah, siapa sang pasangan itupun membuat saya terkejut.


Laki-laki itu adalah rekan kerja saya.


Haaahhh!! Sahabat saya akan menikah dengan salah seorang rekan kerja saya?!


Figur sang laki-laki pun bikin saya terheran-heran. Namun, saya berusaha tidak menampakannya. Nyengir lebaaaaar, dan mengucapkan selamat. Dia bilang,’Loh, jangan selamat sekarang, dong. Kan menikahnya baru minggu depan.’


Kami duduk pada malam, di rumahnya. Ngobrol ke sana dan kemari. Lalu perbincangan mengenai pernikahannya pun bergulir.


AL, maaf ya kalo aku gak pernah ngabar-ngabarin mengenai rencana ini sampai akhir.’


Saya menghirup kopi. Sempat terdiam.


Yaa, sebenernya gue jadi agak bertanya-tanya aja. Sobat gue mau nikah sama rekan kerja gue, tapi kok gue jadi orang yang paling akhir tau?


Okeh-okeh. Temen saya ini, keponakannya sekolah di SD tempat saya mengajar. Jadi, bisa dibilang, sebenernya kami saling tau. Dia dan rekan-rekan saya.


’Masalahnya, semua orang pas dikasih kabar itu kaget. Gak percaya. Trus nyuruh aku berpikir ulang. Jangan sampai nanti nyesel. Tapi, aku udah memutuskan ini, dan sudah dengan berbagai pertimbangan yang dalam. Aku tahu apa yang aku lakukan. Aku tahu siapa dia. Dan aku merasa sedih orang-orang, termasuk keluarga, keliatan shok. Yaaa, aku takut aja kalo aku akan nerima sikap yang sama dari kamu. Bukan berarti aku nganggap kamu berarti. Sebaliknya malahan.’


Diam..


’Yang aku hargai, kamu gak bersikap seperti yang lain. Kamu itu satu-satunya yang langsung nyengir lebar dan ngucap selamat, loh. Gak mengernyit heran atau nyuruh aku mikir lagi.’


Diam...


’Padahal, kamu kaget juga kan?’


Emang.. Tapi gue tau lo pasti udah memikirkan baik-baik.


‘Kenapa sih orang-orang segitu shoknya?’


Okeh, sebelum Anda mulai berpikir yang enggak-enggak, mari saya jelaskan situasinya dulu. Sobat saya ini adalah seorang cewe yang berpenampilan elegan. High class kemana-mana pake mobil. Kerjaannya oke. Cantiiiik banget!. Jangankan cowo, cewe aja terpesona melihatnya. Dan rekan kerja saya si calon suami adalah seorang, yaa… gak ada yang lebih tepat selain hanya guru SD swasta yang pas-pasan. Masih kuliah pula. Bisa dikatakan, miskin dan lusuh. Dia adalah seorang laki-laki zuhud yang hampir selalu beribadah, dan berdzikir.

Si cewe, sudah banyak ditaksir sana-sini. Dikenalin sana-sini. Semuanya menyandingkan dia dengan laki-laki muda yang mapan. Tapi, nampaknya gak ada satupun yang bisa sreg dihatinya.


‘Kenapa sih orang-orang segitu shoknya?’


Kita semua selalu menyangka kalo lo nantinya akan berdampingan dengan seorang manager atau pengusaha muda.


Diam..


‘Aku udah dikenalin macem-macem orang yang setipe semua begitu, gak ada yang bisa menyentuh hati ku. Sampai aku ketemu dia, dan aku sendiri kaget bahwa aku akhirnya sadar, kalo yang aku inginkan untuk berbagi hidup adalah orang yang sederhana dan sholeh. Yah..’ dia menghela nafas. ‘Akhirnya, aku tau, bahwa yang aku inginkan adalah orang yang zuhud dan baik hati. Hanya itu aja.’


…….


‘Kok, diem aja, sih?’


Gak, Cuma... Yah, baru ngeh aja. Ternyata, seperti iniloh laki-laki yang kamu inginkan. Dari dulu, gue bingung aja. Lo tuh ye, tipe cewe yang bikin semua cowo menatap lama. Dan lo, menurut gue, orang yang bisa ngedapetin cowo seperti apapun. Yah, kecuali gay. Tapi selama ini, kok kayaknya ogah bener. Gak taunya, begini toh…’


Kali ini dia yang diem.


’Mungkin aku Cuma ingin berada disamping orang yang yang menganggap hadirnya gue itu rahmat, bukan pencapaian. Atau piala keberhasilan. Hal yang sederhana, kan, AL?’


Yep...


Saya ikut bahagia untukmu, sobat. Akhirnya kamu bertemu juga dengan pangeranmu, imam dunia dan akheratmu. Kayaknya, bakal banyak susah perjalanan untuk menjalinkan dua figure yang bersanding aneh ini. Tapi, bisalah.. Saya yakin.


Well, cowo.. Jangan jiper merasa gak layak kalo naksir sama cewe. Siapa tau, justru orang seperti lo itulah tipenya.. :)

1 komentar:

  1. Amin... Btw jiper itu artinya apa ya? Jeepers Creepers? Hmm...

    Subhanallah ane seneng banged baca cerita ini. Sungguh susah mencari cewek yg mau berpikiran dewasa seperti itu.
    Kebanyakan hanya melihat dari materi, contoh mudahnya dari kendaraan dan pekerjaan. Menyebalkan bukan?

    Yah, mau gimana lagi, jaman udah berubah...

    BalasHapus