Senin, 07 Desember 2009

Seven Samurai

Buat yang belum pernah nonton, ini film keren banget!


Film Jepang keluaran tahun 1954 yang bersetting pada abad 16 ini mengisahkan tentang kehidupan para petani yang mengalami penindasan. Selain harus membayar pajak yang mencekik leher, kerja rodi serta masa paceklik yang panjang, para petani juga harus berhadapan dengan gerombolan perampok yang merampas setiap butir beras yang tersisa.

Sebuah desa memutuskan untuk bertahan dari serangan 30 orang perampok berkuda alih-alih memberikan apa yang tersisa pada mereka. Untuk itu, mereka menyewa tujuh orang samurai dengan imbalan 3 kali makan sepanjang bekerja melindungi desa. Cuma itu yang sanggup mereka berikan. Walaupun dengan bayaran yang tidak layak, tujuh orang samurai ini mempertahankan desa sampai titik darah penghabisan (bayangin 7 orang samurai dengan peralatan alakadarnya berhadapan dengan 30 orang bandit terlatih berkuda dengan peralatan lengkap plus beberapa pucuk senapan). Itulah salah satu tugas mereka dan kehormatan bagi orang Jepang, mati menderita demi memenuhi suatu kewajiban sosial.

Menurut saya film ini keren. Ceritanya sederhana tapi kompleks menggambarkan bermacam-macam konflik dibaliknya. Setiap tokoh di film ini memiliki watak yang unik, membumi, dan pas sekali digabungkan bersama-sama. Cuma hati-hati aja matanya bakal sakit karen film ini cuma punya dua warna, hitam dan putih (tahun 54 bikinnya gitu loh..) udah gitu durasinya ituloh..tiga jam! Tapi menurut saya sih tidak membosankan. Film ini emosional dan penuh humor khas penduduk desa, serta sarat dengan nilai-nilai dan filosofi bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar