Minggu, 13 Desember 2009

Tentang (Tetap) Percaya

Adiknya Eni menelpon. Minta uang.

Dia bukan tipe anak muda yang seneng gerecokin keluarganya dan minta-minta uang, maka pasti benar-benar kepepet. Memang benar. Kontrakannya jatuh tempo, dan dia benar-benar tidak punya uang. Kabarnya, yang sudah dipersiapkannya itu diberikan pinjam kepada kawannya yang membutuhkan untuk keadaan darurat.

Eni percaya.

Masalahnya, tu anak hari gini gak punya rekening bank. Yah, namanya anak kuliahan anak kost, deh! Jadi ribet juga karena gak mungkin juga nganterin ke sono.

Gak jauh-jauh amat, sih! Karena itu malah jadi nanggung, bukan?

Kebetulan kerabat Eni bekerja di daerah yang sama dengan sang adik, maka dengan ringan, titip lah...

Tau-tau, ba'da maghrib, kami lagi asik mengajar anak-anak tetangga, telpon berdering. Sang adik. Setengah menangis.

Eni: Kan udah dikasih. Emang belum dateng si ANU?

Adik: Belum. Aku telpon gak diangkat... (Panik) Udah ditanyain sama yang punya kontrakan. Udah telat soalnya. Orangnya marah. Kalau aku diusir, gimana?

Eni: Udah dikasih tadi pagi. Mungkin masih dijalan. Telpon lagi aja.

Sebenernya, Eni panik juga.

Adik: Dari tadi aku udah telpon.. Gak diangkat-angkat.. Kakak kan tau ANU itu gimana.. Kenapa kakak titip ke dia?

Eni diam.

Kemudian dia menelpon ANU. Karena tidak diangkat, akhirnya meninggalkan pesan. Baik itu suara maupun teks.
ANU, Demi Allah.. Tolong dong jujur aja. Apa uangnya dipakai sama kamu? Jawab telponnya. Adik saya bener-bener butuh sekarang..

Mondar-mandir.. Akhirnya, Eni bawa keluar motornya.

'AL, gue nginep di tempat adek gue kayaknya. Gak mungkin pulang ke sini lagi.'

Okey...

Besok paginya, saya bertanya:

Gimana si ANU dateng, gak?

'Gak ada kabar beritanya sampai sekarang.. Sebenernya, ini bukan yang pertama.'

Loh... Kalo gitu kenapa..

'Udah, gak usah komentar. Gue gak mau ngebahas ini sekarang. Kesalahan gue, untuk tetap percaya..'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar