Sabtu, 12 Desember 2009

Selamatan Rumah

Jangan bilang nyokap gue ya, huehehe…


Ya gak mungkin dong itu idenya Eni dan apalagi saya. Ini semua adalah atas prakarsa dan paksaan dari, jreng.. jreng!!!


Emak bapaknya Eni!


Kalo pindah rumah itu harus selamatan dulu, kata mereka. Pastilah si Eni males setengah mati. Pertama, gak ada waktu. Kedua, gak nyambung sama pikirannya si Eni yang rasional. Ketiga, gak ada biaya.


Saya? Duileeh!! Gak mungkin kepikiran selamatan rumah. Pertama, gak mau ribet. Kedua, bokap gue kalau tau bisa sedih banget kali ye secara keluarga gue kan Muhammadiyah yang ngubur orang aja gak pake niga-nuju-hari-tahlilan atawa orang bilang kayak nguburin kucing itu. Gue gak yakin juga masalah selamatan rumah karena yang gue inget, keluarga gue gak pernah menyelenggarakan selamatan rumah. Ketiga, gak ada biaya.


Intinya, alasan kita berdua, sama!!


Ortunya Eni terus-terusan tanya kapan mau selamatan rumahnya?


Eni bilang, gak punya uang. Cicilan rumah aja masih panjang.


Nungguin cicilan rumah selesai mah berapa tahun lagi anakku. Kata sang mama.


Tapi Mama, aku kan sudah pindah dengan selamat.


Hush, jangan takabur!!


Nah, karena ortunya Eni gak mampu juga nyuruh si Eni bikin selamatan rumah, akhirnya mereka menghubungi... diriku. Sungguh tidak nyambung.


Telpon.


Ortunya Eni: AL...bilangin Eni, jangan terlalu keras kepala. Dengerin kata orangtua. Biar orang jaman dulu, tapi.. Yah, masa sih cuma selamatan rumah aja gak mau. Tolong ya, AL.


Saya: (Lahdahlah!!)


Maka, mulailah jurus bujukan maut saya kepada Eni.


Saya: Eni, kenapa sih gak turutin aja kata ortu lo. Kita bikin selamatan kecil-kecilan aja, deh. Kirim nasi kuning gitu.


Ngomongnya pelan-pelan, takut KH Ahmad Dahlan bangkit dari kubur dan nyekek saya. (Cuma becanda wahai Pak Dahlan. Gak apa-apa, yaa...)


Eni: Emak gue ngomong apa sih sama, lo? Gak nangis-nangis bombay, kan?


Saya: Kalo nangis bombay emang kenapa? Itu kan ibumu. Gak salah kan bikin beliau seneng, kan, En? Masa sih semua anaknya ibumu ngecewain beliau? Ada satulah yang bikin seneng beliau. Toh ini hal yang mudah. Gak perlu menguliti kulitmu sendiri. Ingat sabda Rasulullah SAW saat beliau..


Eni: AL, kita lagi ngomongin selamatan rumah, bukan durhaka pada orangtua.


Saya: Dosa besar loh En, durhaka sama orangtua itu.


Eni: Tapi kita lagi ngomongin selamatan rumah.


Bujukan terusss!!! Sampai..


Yaaa, kita selamatan.


Tadinya Cuma mau kirim-kirim nasi kuning aja, malah jadi semacam pengajian gitu. Gara-gara ortunya Eni malah ikut nimbrung jadi seksi repot. Untung juga sih, heheh... Tetangga juga mendukung dengan pull!! Syukurlah, soalnya udah Eni setengah hati, saya bingung apa yang musti dilakukan.


Heboh adalah saat rekan-rekan guru datang. Mereka tuh udah penasaran banget pengen main. Pengen tau seberapa berantakannya!


Bu Lulu: Si Eni sama AL tinggal serumah? Alaihi salam! Udah mana dua-duanya orang cuek slengean. Gak kebayang gue!


Ah, Bu Lulu emang berlebihan. Kenyataannya, saya sama Eni udah tinggal serumah selama hampir 4 tahun. Biasa-biasa aja tuh! Kenapa dia bilang gak kebayang? Heran..


Eni: Wah, lo gak tau Lu. Kita udah tobat. Jadi perempuan. Rumah kita bersih dan rapih. Tiap hari masak.


Bu Lulu: Trus, AL udah hamil belum?


Eni: Busyet, dah! Istighfar ente!


Maka, mereka datang. Dan kita nyengir memperlihatkan rumah yang bersih jali, menurut pendapat kita.

Heheheheh…


Pokoknya, acara selamatannya berlangsung dengan selamat.

1 komentar: