Selasa, 01 Desember 2009

Kapan Menikah?

Pas umur kita lewat seperempat abad, orang-orang jadi sering nanya itu, yaaa? Ribet, gak, sih?

Eni, teman serumah saya, akhir-akhir ini jadi sering mengeluhkan hal itu. Ayahnya, laki-laki yang bijaksana itu, tak lupa selalu mengingatkan akan kewajiban seorang muslim untuk menikah. Setiap kali bercakap melalui telpon. Apalagi kalau dia pulang.

Diam-diam, saya bersyukur orang rumah saya gak rese masalah itu.

Ada suatu tulisan di blognya sepupu saya yang tomboy. Dia bercerita tentang seorang perempuan yang ditemuinya suatu kali. Tidak kenal. Hanya melihat dari jauh. Mengeluhkan bahwa menjadi perempuan itu susah. Harus tampil cantik, dan itu berat. Sepupu saya menyatakan bersyukur, bahwa orang-orang disekitarnya, menerima dirinya apa adanya. Termasuk pada lingkup pekerjaan yang dapat menerimanya, tanpa harus membuatnya tersiksa saat harus menjadi cantik.

Saya, sama dengan kebanyakan orang di dunia, selalu menganggap bahwa karena pendapat saya, atau yang saya rasakan seperti itu, maka semua orang juga merasakan hal yang sama dengan saya. Dan seperti sepupu saya itu, saya pun menganggap bahwa seorang perempuan yang cantik itu sebenarnya merasa tersiksa diam-diam. Tapi, pertemuan saya dengan Rita dan kawan-kawan merubah pendapat saya itu. Ternyata, seorang perempuan yang dandan, pake hak tinggi, tampil anggun tidak selalu tersiksa. Buktinya, Rita and the gank itu ternyata menikmatinya. Saya tahu, mereka menikmati dengan hati.

Sama seperti saya menikmati gaya saya. Tampil apa adanya sebagai diri saya sendiri. Mereka pun tampil apa adanya sebagai diri mereka sendiri.

Sebenarnya, ini bukan masalah dandan. Tapi blog ini memang dimaksudkan untuk saya lebih bebas menulis tanpa harus berarti, heheh…

Sama seperti sepupu saya, dan juga telah saya tuliskan, bahwa saya bersyukur karena keluarga saya gak pernah rese dengan penampilan ataupun kelajangan saya. Saya yakin, dan ibu saya sering mengatakan, bahwa saya adalah anaknya yang paling jauh. Bukan secara fisik, ataupun kasih sayang. Tapi bahwa beliau sebenarnya merasa tidak pernah mengerti saya. Dan beliau memutuskan, apa yang tidak dapat dia mengerti sepenuhnya, tidak akan lagi menjadi hal-hal yang membuatnya dapat kehilangan anaknya. Beliau ingin dapat memahami anaknya, atau anaknya mengertinya, tapi lebih ingin tidak kehilangan kasih sayang diantaranya.

Dalam hal ini, beliau lebih banyak jadi pelindung saya.

Ya, benar..

Nenek saya adalah orang yang paling rese… Walaupun tidak langsung kepada saya. Eniwei, nenek saya adalah orang yang paling menentang keputusan saya menjadi seorang guru. Karena menurut beliau, guru perempuan itu gak nikah-nikah. Banyak contohnya. Dan tau sendirilah di desa itu bagaimana. Anak umur 18 tahun belum nikah aja udah digosipin jadi perawan tua. Ibu saya hanya tertawa menanggapinya. AL itu anak kota. Anak jaman sekarang. Wajar kok belum kepikiran menikah. Dia punya pekerjaan, punya banyak teman. Masih kepikiran untuk sekolah lagi malahan. Pada saatnya nanti. Apapun kan ada saatnya.

Kamu ini gak resah anaknya udah tua (Tua? Please deh!) belum nikah-nikah. Kalo ayahnya AL masih ada, dia mungkin udah ngejodohin.

Gak mungkin, bales ibu saya. Kalo ayahnya AL masih ada, dia mungkin malah sibuk ngedorong-dorong AL biar ambil S2.

Pak R yang nampaknya jadi kerabat pertama yang tanya langsung mengenai itu ke saya. ‘Katanya mau nikah.’

Kata siapa?

‘Loh, kan udah ada calonnya?’

Gak ada.

‘Yang itu…’

Yang mana?

‚Jadi kapan nikah?‘

Lah, kan belum ada calonnya. Nikah sama siapa?

‘Makanya cari dong..’

Ya, ini juga lagi nyari

‘Perasaan suka liat ada cowo main ke rumah.’

Itu mah, temen..

‘Ada yang sering dateng..’

Iya, dia orangnya seneng main…

‘Makanya jangan keseringan main sama cowo. Temennya cowo melulu, sih. ‘

Ah, temen yang cewe juga banyak. Emang kenapa, lagian..

‘Nanti cowo yang mau ngedeketin jadi nyangkanya kamu udah ada calon..’

Ooo… Iya, deh…

Daripada tambah panjang, yaaa… Iya ajalah!

Pembicaraan itu cukup menyenangkan, bukan? Daripada kawan saya yang mengalami pembicaraan kayak gitu, lalu akhir-akhirnya..

Makanya kamu tuh jadi cewe jangan terlalu keliatan pinter. Pura-pura aja gak tau, gak bisa, gak berani, minta anterin. Kayak kakak kamu tuh. Cowo sukanya cewe model gitu…

Gak kebayang kalau kalimat-kalimat itu ditujukan ke saya. Bisa sewot gak kepalang, deh…

Orang terdekat saya belum rese masalah itu, justru nampaknya memang orang-orang yang lebih jauh. Misalnya, temen-temen organisasi masa kuliah.

Di ruang chatting

Saya: Assalamualaikum. Pa kabar, Bang? (walaupun saya kuliah di bandung yang sebutan buat kakak angkatan laki-laki biasanya ‘Kang’, tapi kalau di organisasi ya ‘Abang’ sebutannya)

Dia: Wa’alaikum salam. Disapa Bu Guru, nih?

Saya: Iya..

Dia: Kapan merit..?

Yailah!

Saya: Gak tau, nih. Udah keburu punya anak duluan, sih… Banyak, lagi… Tahun ini aja ada 24 orang.

Dia; Jangan gitu. Blablabla…(keluar hadist.. perkataan ulama..)

Lah, kenapa gue jadi diceramahin gini, yaa?

Dia: Emangnya gak mau, menyempurnakan agama. Menikah itu setengahnya agama, loh…

Saya: Yaaaa, mau… Tapi emang belum saatnya, kali, yaa… Masih menikmati dulu masa jomblo.

Huhhh!!! Suebel!

Tapi saya juga suka rese sama temen, sih..

Saya: Hai, We..

Dia: Hei, AL. Tumben OL? Pa kabar, lo?

Saya: Baik. Lo gimana, We?

Dia: Baik.

Saya: Alhamdulillah. Kapan merit?

Dia ngomel-ngomel, hihi.. Sori. Sekedar balas dendam.

Beberapa hari yang lalu, paman saya. Berkunjung. Ngobrol. Tanya-tanya pada ibu saya yang notabene kakaknya.

Paman: AL itu umurnya berapa, ya, sekarang?

Ibu: duatujuh.

Paman: Belum kepikiran mau bekeluarga?

Ibu: Kayaknya, belum deh.

Paman: Kenapa, sih?

Ibu: Ya, gak kenapa-napa. Emang harus kenapa-napa?

Paman: Ya, enggak. Kayaknya santai aja. Udah ada calonnya belum, sih?

Ibu: Gak tau. Mungkin belum. Mungkin udah. Mungkin ada yang lain di pikirannya dia.

Paman: Gak perhatian banget sama anak.

Ibu: Loh, kok gak perhatian. Dia udah gede. Udah dewasa. Punya pilihan sendiri menjalani hidupnya. Kita gak bisa juga kan menghakimi orang walaupun anak sendiri. Toh banyak yang pacaran bertahun-tahun gak jadi. Banyak yang nikah muda tapi gak bahagia. Kawin cerai. Lihat Mbak E. Itu nikah udah pertengahan 30-an. Tapi bahagia. AL itu udah gede, dia sadar apa-apa yang dilakukan dia. Tau resikonya. Kalo anak udah dewasa, kita mah tinggak hayu aja kapan dia mau nikah. Kalo dia udah siap, bukan kita yang udah siap, kan?

Yess!! I love you mommy….

..

1 komentar:

  1. Saya juga udah 26 nih.. tapi blm mendapat jodoh juga... hiks... T__T

    Tapi saya kan co.. jadi ya msh wajar..
    Padahal teman2 saya udah pada punya momongan... :))

    Yah usaha sih teteup... mau gmn lg.. lingkungan saya mayoritas co sih.. nasib..

    BalasHapus